Mimbar PGSD Undiksha
Vol 2, No 1 (2014):

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS VI ABIANSEMAL

., Ni Luh Putu Noviari (Unknown)
., Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd (Unknown)
., Drs. I Ketut Adnyana Putra,M.Pd (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dengan media video dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VI Abiansemal Mambal-Mekar Bhuana tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 174 siswa yang tersebar pada 8 kelas. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V SD No. 1 Mambal sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD No. 3 Mambal sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling purposive. Data penelitian berupa hasil belajar IPS dikumpulkan dengan metode tes, selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Hasil uji-t menunjukkan thitung = 6,14 dan ttabel = 2,00 untuk dk = 75 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, thitung > ttabel (6,14 > 2,00) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dengan media video dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD gugus VI Abiansemal Mambal-Mekar Bhuana. Dengan demikian, dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dengan media video berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus VI Abiansemal Mambal-Mekar Bhuana tahun pelajaran 2013/2014.Kata Kunci : co-op co-op, video, hasil belajar This study aims to determine significant differences between the results of social learning outcomes of students that learned by cooperative learning model co-op co-op with video media and students that learned by conventional teaching. This research is a quasi experimental design with non-equivalent control group. The population of this research all fifth grade students of SD Gugus VI Abiansemal Mambal-Mekar Bhuana academic year of 2013/2014 amouns 174 students spread into eight grade. The samples is selected students of fifth grade SD No. 1 Mambal as the experimental group and the students of fifth grade SD No. 3 Mambal as a control group. The sampling was done by purposive sampling. The data learning outcomes of research collected by the IPS test methods, then analyzed using t-test. T-test results showed thitung = 6.14 and ttable =2.00 for dk = 75 with a significance level of 5%. Based on testing criteria, thitung> ttable (6.14> 2.00) then Ho is rejected and Ha accepted. This show there are significant differences the result of social learning outcomes of students that learned by cooperative learning model co-op co-op with video media and students that learned by conventional teaching of fifth grade students of Gugus VI Abiansemal Mambal-Mekar Bhuana Academic Year of 2013/2014. Can be conculted of cooperative learning model co-op co-op with video media affected the results of social learning outcomes fifth grade students of Gugus VI Abiansemal Mambal-Mekar Bhuana academic year of 2013/2014.keyword : co-op co-op, video, studies results

Copyrights © 2014