Mintakat: Jurnal Arsitektur
Vol 20, No 1 (2019): Maret 2019

KAJIAN CITRA KOTA DALAM BRANDING CITY BEAUTIFUL MALANG

Josaf Sayoko (Magister Arsitektur Program Pascasarjana Universitas Merdeka Malang)
Respati Wikantiyoso (Magister Arsitektur Program Pascasarjana Universitas Merdeka Malang)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2019

Abstract

Keindahan fisik kota merupakan kondisi, karakter, citra  yang terbentuk dari setting lingkungan binaan dan lingkungan alamiahnya. Upaya membuat City Branding dengan mengangkat tema Beautiful Malang menjadi relevan apabila diikuti dengan upaya-upaya pemerintah kota untuk menjaga ”keindahan lingkungan buatan dan alamiahnya” dalam kebijakan pengembangan kota Malang. Upaya pemerintah Kota Malang menggunakan City Branding "Malang Beautiful" dilakukan untuk memperkuat image kota Malang sebagai kota untuk tujuan wisata lingkungan binaan. Pembahasan tentang persepsi keindahan suatu kota tidak terlepas dari permasalahan image dari pengguna kota.Dengan demikian pembahasan beautiful Malang sebagai branding, maka tidak akan terlepas dari pemahaman Image suatu kota/ kawasan. Pemahaman image sebuah kota mencakup 5 elemen, yakni Path, Edge, District, Nodes, dan Landmark. Tulisan ini bertujuan mengkaji City Branding Beautiful Malang ditinjau dari teori Citra kota  yang dikemukakan oleh Kevin Lynch dalam bukunya " Image of The City".  DOI: https://doi.org/10.26905/mj.v20i1.3796

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jam

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science

Description

Mintakat: Jurnal Arsitektur (JAM) dalam versi jurnal online yang terbit di tahun 2017 ini sebenarnya adalah format baru dari penerbitan offline sejak tahun 2000. Jurnal ini diterbitkan oleh oleh Group Konservasi Arsitektur & Kota, Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Merdeka Malang. Dalam ...