Tujuan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui apakah pembelajaran kontekstual dapat membantu mengatasi kesulitan siswa kelas V SD dalam memahami materi panas, dan untuk mengetahui hambatan dalam pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan alur perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi untuk setiap siklusnya.Berdasarkan data selama dua siklus dan matriks orang-butir skor hasil tes pemahaman konsep materi panas dan perpindahan panas ditemukan bahwa pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan faktor utama yang menghambat implementasi pembelajaran kontekstual di kelas adalah guru, yang belum menguasai keterampilan dasar mengajar dan keterampilan dasar pengelolaan pembelajaran.This action research aims at knowing whether contextual learning can help fifth grade students to understand heat concepts and finding out the implementation of contextual learning model. The research cycles comprises planning, implementation, observation and reflection. In the planning stage, lesson plans, student activity sheets, assessments and observation instruments were prepared.The finding shows that CTL can improve the studentsÂ’ understanding of heat concept and the main constraint of CTL implementation is the teacherÂ’s low mastery of teachinglearning skill.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2006