Pendidikan Dasar
Vol 7, No 1 (2006)

Penerapan Model Pembelajaran Terintegrasi (Integrated Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Ketahanan Pangan Di SD

Luthfiyah Nurlaela, (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2006

Abstract

Artikel ini menyajikan sebuah alternatif model pembelajaran terpadu dalam rangka membentuk pemahaman siswa mengenai ketahanan pangan yang diterapkan di kelas 5. Analisis GBPP IPA kelas 5 SD pada Semester I: “Makanan, Alat Pencernaan, dan Kesehatan”. Tampak bahwa pengetahuan tentang makanan belum berorientasi pada ketahanan pangan. Pendidikan ketahanan pangan tersebut sangat penting untuk dipahami oleh siswa sejak dini, maka pendidikan ketahanan pangan ini perlu diintegrasikan dalam kurikulum SD. Dalam kajian ini, model yang ditawarkan adalah model yang menggunakan tema dalam merencanakan pembelajaran (model tematik/webbed model). Model tematik ini cukup memberi peluang untuk pelibatan berbagai pengalaman siswa, karena tema-tema yang diangkat bisa dipilih dari hal-hal yang dikemukakan siswa (felt need). Guru mengembangkan aktivitas belajar yang mengacu pada kecerdasan multiple karena memberikan pilihan-pilihan (choices), mengorganisasi siswa dalam kelompokkelompok kecil (collaboration), dan menyediakan kesempatan pada siswa untuk menghasilkan produk nyata untuk sasaran yang nyata (mastery/application level).The article presents an alternative of integrated model to form students’ understanding of food security applied in grade 5 of elementary schools. Based on the analysis of GBPP IPA of semester 1 of grade 5 knowledge about food which includes “Foods, Digestion Organ and Health” has not been oriented to food security yet. Since it is necessary that food security be introduced quite early, it should be integrated in the curriculum. The model offered is thematic/webbed model. This model provides opportunities for involving various students’ experiences, because the theme chosen may come from anything expressed by students based on their experiences and felt need. In the classroom applying this model the teacher can develop learning activities referring to multiple intelligence, because she may give choices, organize group work and provide opportunities to produce a real product.

Copyrights © 2006