Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan sensitivitas jender guru SD di perkotaan, (2) mendeskripsikan respon guru SD dalam melakukan sosialisasi jender, (3) mengetahui apakah PPKn dengan Strategi Klarifikasi Nilai dengan permainan dan cerita dapat menumbuhkan sensitivitas gender pada siswa SD, (4) mengetahui ada tidaknya perbedaan antara sensitivitas jender siswa yang diberi Strategi Klarifikasi Nilai dengan permainan dengan yang diberi ceramah bervariasi dengan wawancara mendalam, observasi secara langsung dan uji t (t-test), hasil penelitian menunjukkan: (1) sensitivitas jender guru SD di perkotaan masih tergolong kurang baik, (2) sosialisasi belum pernah dilakukan, (3) PPKn dengan Strategi Klarifikasi Nilai permainan dapat menumbuhkan sensitivitas jender siswa, (4) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen karena disebabkan sensitivitas jender guru kurang baik, sosialisasi jender belum pernah dilakukan dan kelas eksperimen belum terbiasa menggunakan Strategi Klarifikasi Nilai dengan permainan.This research aims to describe (1) the elementary school teachersÂ’ sensitivity on gender in the city; and (2) their responses about gender socialization; (3) to find out whether PPKn with VCT approach using games can improve the gender sensitivity of elementary school students and (4) whether there is a difference between those taught using VCT approach and games and those who were not. The first and second problems were solved using qualitative approach with in depth interview; the third used direct observation while the fourth was approached quantitatively. The findings indicate that (1) teachersÂ’ gender sensitivity is unsatisfactory; (2) socialization on gender has never been conducted; (3) PPKn with VCT approach using games can improve the studentsÂ’ gender sensitivity; (4) there is no significant difference between the use of VCT approach and the conventional one.
Copyrights © 2006