Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 12, No 1 (2011)

Penerapan Strategi Relakasi dengan Penggunaan Musik Klasik untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Siswa Menjelang Ulangan

Ingga Karlina Putri, (Unknown)
Budi Purwoko, (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2011

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji penerapan strategi relaksasi dengan penggunaan musik klasik untuk mengurangi tingkat kecemasan siswa kelas XI-IPS menjelang ulangan mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancangan ekperimen semu berupa one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban untuk mengetahui skor kecemasan menjelang ulangan mata pelajaran ekonomi. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas XI-IPS di SMA Negeri 6 Surabaya yang memiliki kecemasan menjelang ulangan mata pelajaran ekonomi kategori tinggi. Teknik analisis yang digunakan adalah statistic non parametric dengan Uji Tanda (sign test) melalui program microsoft office excel 2003. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa  N= 10 dan X= 0 di peroleh = 0, 001 harga ini lebih kecil daripada 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan antara tingkat kecemasan sebelum dan sesudah strategi relaksasi dengan penggunaan musik klasik pada siswa saat menjelang ulangan mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan analisis manual seluruh siswa mengalami penurunan tingkat kecemasan. Dari 10 siswa peserta BBI, DRW, GEB, RPS, ERD, HST, KDY, RRD, TIP, dan MFL mengalami penurunan tingkat kecemasan. Walaupun penurunan yang mereka alami belum cukup optimal, karena belum dapat menurunkan tingkat kecemasan mereka menjadi kategori rendah. Mereka hanya mengalami penurunan tingkat kecemasan dari kategori tinggi menjadi sedang.

Copyrights © 2011