Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 12, No 1 (2011)

Pengaruh Pemberian Reinforcement Positip dan Gaya Belajar Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa di SMP Negeri 2 Candipuro Lumajang

Yuddo Suswanto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2011

Abstract

Penelitian ini ingin mengkaji perbedaan pengaruh reinforcement dengan gaya belajar terhadap motivasi berprestasi siswa kelas IX SMPN 2 Candipuro Lumajang. Rancangan penelitian adalah Control group pretes – postes design. Bentuk penelitiannya adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 2 Candipuro Lumajang. Sampel penelitian diambil dua kelas dari seluruh populasi. Sampel dibagi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dengan pemberian reinforcement dan kelompok pembanding dengan perlakuan gaya belajar. Pengumpulan data menggunakan tes tulis berbentuk pilihan ganda. Uji hipotesis menggunakan statistik dengan uji-F anova satu jalur.  Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi berprestasi pada kelompok yang diberi reinforcement positif dengan gaya belajar terhadap disbanding kelompok kontrol. Guru diharapkan jika memberikan reinforcement positif disesuaikan dengan karakteristik materi pelajaran yang akan disajikan. Selain diharapkan bisa mengembangkan pembelajaran dengan strategi aktif  melalui pengembangan gaya belajar sebab bisa menjadi kemungkinan bahwa penerapan gaya belajar secara tepat menjadikan siswa untuk mengembangkan motivasi berprestasi.

Copyrights © 2011