Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 12, No 1 (2011)

Implementasi Strategi Modeling Partisipan untuk Meningkatkan Keberanian Bertanya Siswa pada Guru di Kelas

Putri Diyanti, (Unknown)
Sutijono, (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektivan strategi modeling partisipan dalam konseling untuk meningkatkan keberanian bertanya siswa pada guru di kelas. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan model one group pre-test design and post-test design. Subjek penelitian ini dilakukan pada 7 siswa dari 38 siswa yang ada pada kelas VII-E SMP Negeri 26 Surabaya tahun ajaran 2010-2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket keberanian bertanya pada guru di keas untuk mengetahui siswa yang mengalami kurang keberanian bertanya pada guru di kelas dan juga digunakan untuk mengukur hasil dari perlakuan strategi modeling partisipan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keberanian bertanya antara sebelum dan sesudah penerapan konseling kelompok dengan strategi Modeling Partisipan pada siswa kelas VIII-E di SMP Negeri 26 Surabaya. Pada penelitian ini terdapat temuan yaitu selain siswa menjadi lebih berani mengajukan pertanyaan di kelas, siswa mampu menunjukkan adanya kemampuan untuk berdiskusi di kelas secara aktif.

Copyrights © 2011