Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 12, No 2 (2011)

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU BK MENYUSUN RPBK CTL MELALUI DISKUSI DAN TUGAS MANDIRI

Yuddo Suswanto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2011

Abstract

Berkembangnya strategi, pendekatan dan model pembelajaran atau layanan bimbingan dan konseling (BK) harus diikuti dengan perkembangan kemampuan guru. Guru BK harus terus belajar dan  melakukan inovasi agar pelaksanaan proses bimbingan dan konseling di sekolah berjalan efektif dan berkembang sesuai kebutuhan. Pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah, guru BK dapat menggunakan dan mengembangkan model CTL (Contextual Teaching and Learning). Dalam prosesnya dituangkan dalam RPBK. Merespon tingkat pemahaman guru BK SMP dan hasil penyusunan RPBK CTL di wilayah binaan pengawas peneliti maka dipandang perlu untuk dilakukan peningkatan. Upaya tersebut dilakukan melalui penelitian tindakan dengan menggunakan metode diskusi dan pemberian tugas mandiri. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) kolaboratif menggunakan dua siklus. Siklus I menggunakan diskusi kelompok dan siklus II melalui pemberian tugas mandiri. Subyek penelitian 6 guru BK dari enam sekolah pada semester ganjil tahun 2011/2012. Pengambilan data melalui observasi dan tes tulis.  Analisis data menggunakan diskribtif kualitatif dan kuantitatif. Melalui analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan: (a)  Melalui  metode diskusi dan tugas mandiri dapat  meningkatkan kemampuan pemahaman guru BK tentang RPBK CTL. (b) Melalui metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan guru menyusun RPBK CTL. (c) Melalui pemberian tugas mandiri guru dapat meningkatkan menyusun RPBK CTL.

Copyrights © 2011