Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan strategi pengambilan keputusan untuk meningkatkan kemampuan memilih studi lanjut siswa kelas XI-IPA 7 SMA Negeri 1 Manyar Kabupaten Gresik. Jenis penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian adalah delapan siswa yang memiliki tingkat kemampuan memilih studi lanjut rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik non parametric dengan uji rangking bertanda Wilcoxon, di mana hasil analisis menunjukkan nilai Thitung=0, bila taraf kesalahan sebesar 5% dan N=8 diperoleh nilai Ttabel=4, maka dapat ditarik kesimpulan Thitung < Ttabel (0<4). Dengan demikian pernyataan hipotesis “Ada peningkatan yang signifikan pada skor kemampuan memilih studi lanjut siswa kelas XI-IPA 7 SMA Negeri 1 Manyar Kabupaten Gresik antara sebelum dan sesudah penerapan strategi pengambilan keputusan” dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pengambilan keputusan dapat meningkatkan kemampuan memilih studi lanjut siswa kelas XI-IPA 7 SMA Negeri 1 Manyar Kabupaten Gresik.
Copyrights © 2011