Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan penggunaan teknik diskusi dalam bimbingan kelompok untuk membantu meningkatkan disiplin siswa di sekolah pada kelas VIII-I SMPN 1 Babat. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan pre eksperimen dengan jenis penelitian pre test –post test one group design. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket disiplin siswa di sekolah yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Subjek dalam penelitian ini adalah tujuh siswa kelas VIII-I SMPN 1 Babat yang mempunyai disiplin di sekolah yang rendah. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik non paramentrik dengan rumus uji jenjang bertanda wilcoxon. Sesuai hasil analisis dengan menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon dapat diketahui bahwa skor disiplin siswa di sekolah meningkat setelah diberikan perlakuan. Dengan demikian permasalahan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik diskusi dalam bimbingan kelompok efektif untuk membantu meningkatkan disiplin siswa di sekolah.
Copyrights © 2011