Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 12, No 2 (2011)

Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Membantu Siswa Meningkatkan Motivasi Belajar

Desti Fatayati, (Unknown)
Eko Darminto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan konseling kelompok realita untuk membantu siswa meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-experiment berupa one group pre – test post – test design. Subyek dalam penelitian ini adalah tujuh siswa dari kelas X-5 di SMA Negeri 1 Menganti Gresik yang memiliki motivasi belajar tingkat rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dengan teknik analisis data yaitu uji tanda Wilcoxon dalam statistik non parametrik. Dari hasil analisis data diperoleh thitung lebih kecil dari ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima atau ada peningkatan skor yang signifikan pada tingkat motivasi belajar siswa setelah diberikan konseling kelompok realita

Copyrights © 2011