Tujuan penelitian ini adalah menguji
penggunaan strategi pengelolaan diri (self
management) untuk mengurangi tingkat kemalasan belajar pada siswa kelas
VIII E MTs Al Rosyid Dander Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian pre-experimental
design dengan one group pretest-posttest
design. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui malas
belajar siswa. Subyek penelitian adalah 8 siswa MTs Al Rosyid Dander Bojonegoro
yang memiliki skor malas belajar tinggi. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan menggunakan uji
tanda, dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa N=8 dan X=0 diperoleh r=0,004. Bila dalam ketetapan á  sebesar 5% adalah 0,05 maka harga 0,004 <
0,05, dengan demikian Hï ditolak dan Ha diterima. Maka, hipotesis
penelitian penggunaan
strategi pengelolaan diri (self
management) dapat mengurangi tingkat kemalasan belajar pada siswa kelas
VIII E MTs Al-Rosyid Dander Bojonegoro dapat diterima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012