Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 13, No 1 (2012)

PENGGUNAAN STRATEGI PENGELOLAAN DIRI (SELF-MANAGEMENT)UNTUK MENGURANGI TINGKAT KEMALASAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII E MTs AL ROSYID

Trio Isnansyah Marwi, (Unknown)
Sutijono, (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2012

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji penggunaan strategi pengelolaan diri (self management) untuk mengurangi tingkat kemalasan belajar pada siswa kelas VIII E MTs Al Rosyid Dander Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental design dengan one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui malas belajar siswa. Subyek penelitian adalah 8 siswa MTs Al Rosyid Dander Bojonegoro yang memiliki skor malas belajar tinggi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan menggunakan uji tanda, dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa N=8 dan X=0 diperoleh r=0,004. Bila dalam ketetapan á  sebesar 5% adalah 0,05 maka harga 0,004 < 0,05, dengan demikian Hï ditolak dan Ha diterima. Maka, hipotesis penelitian “penggunaan strategi pengelolaan diri (self management) dapat mengurangi tingkat kemalasan belajar pada siswa kelas VIII E MTs Al-Rosyid Dander Bojonegoro” dapat diterima.

Copyrights © 2012