Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 17, No 1 (2010)

BANTUAN MENGATASI KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PENJUMLAHAN PECAHAN TIDAK SENAMA MELALUI MEDIA BIDANG

Achmad Zainullah, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2010

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa Sekolah Dasar yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep penjumlahan tidak senama.  Kesulitan tersebut dimungkinkan oleh faktor penyajian materi dalam pembelajaran diantaranya penggunaan alat peraga dan metode pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian adalah untuk: (1) mendiskripsikan pola kesulitan siswa dalam memahami penjumlahan pecahan tidak senama, (2) mendiskripsikan penyebab kesulitan siswa dalam memahami penjumlahan pecahan tidak senama, dan (3) mendiskripsikan pembelajaran penjumlahan pecahan tidak senama melalui media bidang.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Bantuan mengatasi kesulitan siswa dalam penjumlahan pecahan tidak senama dilakukan dengan tahapan enaktif, ikonik, dan simbolik melalui media bidang dengan 4 tindakan pembelajaran yaitu: (1) pembelajaran konsep pecahan, (2) pembelajaran konsep pecahan senilai, (3) pembelajaran penjumlahan pecahan tidak senama dengan penyebut pecahan yang satu merupakan faktor dari penyebut pecahan yang lain, (4) pembelajaran pecahan tidak senama dengan penyebut pecahan yang satu bukan faktor dari penyebut pecahan yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengikuti 4 tindakan pembelajaran melalui media bidang denga 3 tahap penyajian yaitu enaktif, ikonik, dan simbolik subjek penelitian memperoleh pemahaman yang baik tentang konsep penjumlahan pecahan tidak senama.

Copyrights © 2010