Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 15, No 1 (2008)

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kimia Dasar I Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Rinaningsih, (Unknown)
Titik Taufikurohmah, (Unknown)
Nita Kusumawati, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2008

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1). Mengembangkan perangkat pembelajaran Kimia Dasar I dengan pokok bahasan Kesetimbangan Kimia di tingkat Universitas, yang bercirikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dan (2) Mengetahui kualitas proses dan hasil belajar kimia dasar melalui penerapan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian dilakukan melalui dua tahap, yaitu (1) Tahap Pengembangan Perangkat, dan (2) Tahap Pembelajaran nyata. Perangkat Pembelajaran yang dikembangkan adalah Materi Ajar, Rencana Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa, dan Instrumen Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Aktivitas dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran menunjukkan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, hasil rata-ratanya sudah baik, (2). Mahasiswa melaksanakan kegiatan keterampilan kooperatif selama proses pembelajaran, (3) Kemampuan dosen secara keseluruhan dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sudah cukup baik, (4) Respon mahasiswa terhadap model dan perangkat pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada umumnya merasa senang, merupakan hal  baru dan berminat untuk mengikuti pembelajaran selanjutnya dengan model yang sama, (5) Hasil yang dicapai mahasiswa dalam belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sangat baik dan konsisten dengan adanya peningkatan proporsi jawaban benar mahasiswa. Secara umum Pembelajaran Kimia Dasar I pokok bahasan Kesetimbangan Kimia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, dapat meningkatkan kualitas perkuliahan dan prestasi belajar mahasiswa.

Copyrights © 2008