Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 19, No 1 (2012): Vol. 19, No. 1, Juni 2012

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PENGARUH AKTIVITAS MANUSIA TERHADAP PERUBAHAN DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMA KELAS X

Varida, Anis ( Universitas Negeri Surabaya)
FITRIHIDAYATI, HERLINA (Unknown)
RACHMADIARTI, FIDA (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2013

Abstract

Abstrak. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pengaruh aktivitas manusia terhadap perubahan dan pencemaran lingkungan untuk siswa SMA kelas X ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan LKS pada materi pengaruh aktivitas manusia terhadap perubahan dan pencemaran lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada siklus pengembangan instruksional Fenrich (1997) yang meliputi fase : analysis, planning, design, development, implementation, evaluation and revision. Parameter yang diukur meliputi kelayakan LKS. Hasil pengembangan LKS dinilai dengan menggunakan Lembar validasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penilaian yang diberikan oleh para validator terhadap LKS adalah sebesar 95,83% sehingga dapat dikategorikan sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan LKS, CTL, pencemaran lingkungan Abstract. Development of Student Worksheet using Contextual Teaching and Learning (CTL) approach on the material entitled effects of human activities on the change and environmental pollution for X-class Senior High school students was aimed to describe the feasibility of students the Student Activity Sheet on the material entitled effects of human activity to changes and environmental pollution. The type of study refers to the development of instructional development cycle Fenrich (1997) which includes the phases: analysis, planning, design, development, implementation, evaluation and revision. The parameters measured include the feasibility of the worksheets. The results of the development of worksheets were assessed using the validation sheet. Based on the survey results, it is revealed that the assessment given by the validator to the worksheets is at 95.83%, so that it considered very feasible. Based on these results, we can conclude that the worksheets developed highly feasible for use in learning. Key words: Development of student worksheet, CTL, environmental pollution.

Copyrights © 2012