Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 18, No 1 (2011): Vol.18, No. 1, Juni 2011

PEMBELAJARAN FISIKA MENGACU PADA KETERAMPILAN  BERPIKIR MELALUI LABORATORIUM VIRTUAL PhET DI SMK JURUSAN MULTIMEDIA




Article Info

Publish Date
12 Dec 2013

Abstract

Abstrak: Telah dilakukan penelitian untuk mempelajari strategi yang efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir melalui laboratorium virtual PhET. Tujuan penelitian: 1) Mengembangkan pembelajaran fisika yang mengacu pada keterampilan berpikir melalui laboratorium virtual PhET. 2) Mengimplementasikan pembelajaran yang dikembangkan, 3) Mengamati kinerja siswa terutama keterampilan berpikir dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Rancangan pengembangan pembelajaran dalam penelitian ini mengadaptasi penelitian pengembangan model 4D. Subyek penelitian adalah pengembangan pembelajaran fisika SMK yang mengacu pada keterampilan berpikir melalui laboratorium virtual PhET dalam pembahasan “Rangkaian Listrik Arus Searah”. Implementasi pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan terhadap 30 siswa SMK 11 Surabaya kelas XII jurusan multimedia. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: 1) Proses pembelajaran cukup memberikan keterampilan berpikir yang baik kepada siswa (nilai keterampilan berpikir siswa rata-rata untuk semua aspek penilaian diatas 3); 2) Proses pembelajaran cukup memberikan kinerja penyelidikan yang baik kepada siswa; 3) Proses pembelajaran memberikan aktivitas kepada siswa dengan frekuensi yang cukup tinggi; 4) Guru dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan kinerja yang baik (nilai rata-rata kinerja guru rata-rata diatas 3) sehingga tingkat keterlaksanaan pembelajaran juga baik; 5) Proses pembelajaran memberikan hasil belajar yang sangat baik (nilai siswa rata-rata untuk produk dan proses adalah  x = 88 dengan standar deviasi σx = 3) kepada siswa.   Kata kunci: keterampilan berpikir, laboratorium virtual PhET.  Abstract: It had been done a study to learn effective strategies to develop thinking skills through virtual laboratories PhET. The aims of this research are 1) To develop the physics learning that refers to thinking skills  through virtual laboratories PhET. 2) Implementing the developed learning, 3) Observe the performance of students, especially thinking skills and performance of teachers in the learning process. The design of this research is the development of learning in adapting 4D model development research. The subject of research is the  physics learning development at Vocational School (SMK) that refers to thinking skills through virtual laboratories PhET in the discussion of "Power Series Unidirectional Flow". Implementation research study was conducted on 30 students of SMK 11 Surabaya class XII Multimedia Department. From the results of this research it can be concluded that: 1) The learning process is sufficient to provide good thinking skills to students (grade student thinking skills of the average for all aspects of the assessment of the above 3), 2) The learning process is sufficient to provide good performance to student inquiries; 3) the process of learning activities to provide students with a high frequency, 4) teachers can implement the learning process with good performance (the average value of a teachers performance above average 3) so that the level of learning is also good conducting; 5) gives the learning process excellent study results (the average student scores for the product and the process is x = 88 with a standard deviation σx = 3) to the students. Keywords: thinking skills, PhET virtual laboratory.

Copyrights © 2011