Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 18, No 1 (2011): Vol.18, No. 1, Juni 2011

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI GENIUS LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI AJAR IPA  




Article Info

Publish Date
12 Dec 2013

Abstract

Abstrak: Dilakukan peneltitan untuk mengetahuia pengaruh penerapan strategi genius learning terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Mojokerto dengan populasi siswa kelas VIII dan sampel kelas C sedangkan control kelas D, E, F yang sekaligus kelas replikasi. Instrumen divalidasi dan diambil yang memenuhi criteria validitas, reliable taraf kesukaran dan daya beda.Data diambil menggunakan instrument lembar Observasi, angket dan tes kemudian dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi genius learning berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ter terlihat dari hasil analisis uji t satu pihak yang menyatakan bahwa thitung > ttabel, yang berarti nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Hal ini didukung dengan hasil respon siswa yang positif dan pengelolaan pembelajaran yang berkategori baik.  Kata kunci: strategi genius learning, prestasi belajar Abstract: It had been done a study to determine the effect of the application of genius learning strategies on student achievement. The study was conducted in a population SMPN 1 Mojokerto class VIII and class C while the control sample class D, E, F, as well as replication grade. Validated instruments and taken that meet the criteria of validity, level of difficulty and a reliability and level of distinguish. Data Observations were taken using the instrument sheets, questionnaires and tests, then analyzed by using t test. Based on the results of research and analysis of data, it can be concluded that the implementation of the s genius learning strategy give a positive effect on student achievement. It is too evident from the results of t test analysis of the parties stating that t count> t table, which means the average value of experimental classes better than the average value of the control class. This is supported by the results of the students responses are positive and learning management on  good category.   Keywords: genius learning strategy, academic achievement  

Copyrights © 2011