Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 18, No 2 (2011): Vol.18, No. 2, Desember 2011

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBAHASA INGGRIS MATA KULIAH BIOLOGI UMUM DENGAN BERBAGAI STRATEGI, METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENUNJANG KEBERHASILAN KELAS INTERNASIONAL DI FMIPA UNESA SURABAYA




Article Info

Publish Date
12 Dec 2013

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dalam bahasa Inggris untuk mata kuliah Biologi Umum yang dapat digunakan oleh mahasiswa yang sedang memprogram mata kuliah Biologi Umum (General Biology) di S1 Kelas Internasional FMIPA Unesa Surabaya. Buku ajar dan perangkat pendukungnya diharapkan dapat diimplementasikan dengan menggunakan berbagai strategi, metode, model pembelajaran sesuai dengan hasil analisis terhadap karakteristik topik/materi yang ada pada mata kuliah Biologi Umum. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dalam bahasa Inggris untuk mata kuliah Biologi Umum, ditinjau dari validitas penyajian, isi, bahasa dan keterbacaan. Penelitian ini ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengikuti tahap 4D-models dari Thiagarajan et.al. Validasi pertama terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilakukan oleh dosen biologi (3 orang) dan dosen bahasa Inggris (1 orang) serta mahasiswa S1 kelas Internasional yang sedang memprogram mata kuliah Biologi Umum (15 orang). Validasi kedua dilakukan oleh 10-12 orang guru SMP/SMA RSBI di Jawa Timur yang sedang studi S2 di Pasca Sarjana Unesa. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan skor secara rata-rata 3-4 (kategori baik/sangat baik) dengan persentase kelayakan antara 74,4% - 92,7% (kategori layak/sangat layak) serta mendapatkan skor penilaian dari mahasiswa dengan nilai umumnya 3-4 (baik/sangat baik). Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dikategorikan layak untuk digunakan. Kata-kata Kunci: pengembangan perangkat dalam bahasa Inggris, Biologi Umum Abstract: the purpose of this study was to develop the general biology material resources used in S1 International Class in FMIPA UNESA Surabaya. These material resources would be expected to be applied using the several strategies, method, and models of instruction during the implementation process. The material resources developed consist of the textbook, student worksheet, syllabus, media presentation in Power Point form. The specific purpose of this study was to describe the feasibility of the developed material resources using the determined criteria such as construct validity, conten validity, and language validity. Research and development have been conducted using four D models, include to define, design, develop, and disseminate. In define stage, the chambridge curriculum of the selected topics include in General Biology was analyzed. In the develop stage, material resources have been reviewed and validated by expert in biology, expert in English and the students in General Biology class, also the junior/senior biology teacher in RSBI schools in east java who take the Master Program in Pasca Sarjana UNESA. The results showed that the developed material resources had in average score between 3-4 (good/very good category) with the percentage of feasibility in range of 74,4%-92,7% (feasible/very feasible category). Based on this data analyzed can be stated that the developed material resources is feasible to be implemented. Key Word:  material resources development, general biology       

Copyrights © 2011