Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 18, No 2 (2011): Vol.18, No. 2, Desember 2011

LEVEL KEMAMPUAN SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH GARIS DAN SUDUT




Article Info

Publish Date
12 Dec 2013

Abstract

Abstrak: Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan level kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berbentuk soal cerita. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes yang diberikan kepada 40 orang siswa kelas VII E SMP Negeri 4 Surabaya. Hasil soal tes siswa dikelompokkan dalam 5 level yaitu level 1, level 2, level 3, level 4, level 5. Untuk mengetahui karakteristik siswa lebih mendalam dalam memecahkan masalah dilakukan wawancara terhadap 10 siswa, masing-masing 2 siswa dari tiap level. Hasil analisis tes tulis siswa menunjukkan 15 siswa (37,5%) berada pada level 1, sebanyak 6 siswa (15%) berada pada level 2, sebanyak 12 siswa (30%) berada pada level 3, sebanyak 5 siswa (12,5%) berada pada level 4, dan sebanyak 2 siswa (5%) berada pada level 5. Berdasarkan hasil tes dapat disimpulkan bahwa level kemampuan siswa VII E SMP Negeri 4 surabaya dalam memecahkan masalah yang berbentuk soal cerita cenderung berada dalam (1) level 1 (siswa tidak mengerjakan, atau tidak bisa menyelesaikan masalah karena tidak bisa memodelkan, atau tidak bisa menyelesaikan masalah karena tidak memahami konsep), (2) level 3 (menyelesaikan masalah dengan menggunakan satu cara, dapat memodelkan, memahami konsep, perhitungannya benar). Berdasarkan kesimpulan yang ada, disarankan sebaiknya siswa sering diajarkan tentang pemecahan masalah (diajarkan langkah-langkah pemecahan masalah terutama langkah keempat yaitu memeriksa kembali hasil yang diperoleh), dan dibiasakan untuk dihadapkan pada soal-soal pemecahan masalah yang berbentuk cerita dan open ended. Kata Kunci: Pemecahan masalah, soal cerita, matematika Abstract: Problem solving is part of the very important math curriculum. This research a descriptive study aimed to describe the level of srudents ability to solve problems in the form of stories. Data collection methods by use testingmethod given to 40 students of class VII E SMP Negeri 4 Surabaya. The results of the test questions students are grouped into 5 levels ie level 1, level 2, level 3, level 4, level 5. To know more deeply the characteristic of students in problem solving had beed conduct interview to 10 students, 2 students of each level. The results of analysis show that 15 students (37,5%) are at level 1, a total of 6 students (15%) are at level 2, a total of 12 students (30%) are at level 3, as many as 5 students (12,5%) are at level 4, and as many as 2 students (5%) are at level 5. Based on the test results, can be concluded that the level of student ability of students class VII E SMP Negeri 4 surabaya in problem solving in story form are; (1) level 1 (students do not do, or can not solve the problem because it could not be modeled, or can not solve the problem because they do not understand the concept), (2) level 3 (to solve the problem by using one way. To model, understand the concept, the calculation is correct). Based on the conclusions, suggested students should be taught about troubleshooting frequent (taught problem-solving steps, especially the fourth step is to re-check the results), and accustomed to be confronted with the questions to be confronted with the questions in the form of story problem solving and open-ended Keywords:  Problem solving, story problems, math  

Copyrights © 2011