Pemahaman
terhadap prinsip-prinsip perkembangan akan membantu pendidik untuk dapat
menyusun perencanaan kegiatan, memberikan stimulasi dan pengayaan pengalaman
yang sesuai bagi anak-anak. Setiap aspek perkembangan saling berhubungan satu
sama lain. Oleh sebab itu, merancang program pengembangan gerak yang tepat bagi
anak usia sekolah dasar harus mempertimbangkan tidak saja aspek motorik, tetapi
juga aspek kognitif dan afektif. Program pengembangan gerak yang baik harus
memberi kesempatan pada anak-anak untuk mengembangkan kreatifitas, imajinasi,
afeksi, serta keterampilan-keterampilan gerak dasar. Memahami bagaimana
pengaruh program pengembangan gerak terhadap pertumbuhan dan perkembangan
anak-anak di usia-usia awal perkembangan akan membantu pelatih dalam memahami
tahapan-tahapan kritis pertumbuhan dan perkembangan para atlet.
Copyrights © 2009