Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 4, No 5 (2006)

Teori Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Pembelajaran Siswa (Suatu Tinjauan Teoretis)

Ulhaq Zuhdi, (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2006

Abstract

Salah satu prinsip yang paling penting dari konsep pendidikan adalah pendidik tidak dapat hanya semata-mata memberikan pengetahuan kepada anak didik. Anak didik harus membangun pengetahuannya sendiri dalam benaknya. Pendidik dapat membantu proses ini, dengan cara-cara mengajar yang membuat informasi menjadi sangat bermakna dan sangat relevan bagi anak didik, dengan memberikan kesempatan kepada anak didik untuk menemukan atau menerapkan sendiri ide-ide, dan dengan mengajak anak didik agar dengan menyadari dan secara sadar menggunakan strategi-strategi mereka sendiri untuk belajar. Menurut Nur (1999), pendidik dapat memberi “tangga” yang dapat membantu anak didik mencapai tingkat pemahaman yang lebih tinggi, namun harus diupayakan agar anak didik sendiri yang memanjat tangga tersebut

Copyrights © 2006