Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 5, No 2 (2007)

Pemanfaatan Media Grafis Kartu Bilangan dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Matematika di SD Kelas Rendah

Suprayitno, (Unknown)
Purwanto, (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2007

Abstract

Berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, baik yang bersifat nasional, regional, maupun kelompok. Penelitian in imengkhususkan kajiannya pada pembelajaran matematika siswa sekolah dasar (SD) kelas rendah melalui pembelajaran dengan memanfaatkan media grafis. Penentuan kajian tersebut didasarkan atas pertimbangan bahwa penggunaan alat bantu atau media dalam pembelajaran matematika, utamanya pada siswa kelas rendah sangat diperlukan. Tanpa bantuan media pembelajaran siswa akan mengalami kesulitan dalam mempelajari materi yang diajarkan. Perkembangan kognitif siswa SD kelas rendah (kelas 1) berada pada tahap operasi konkret. Pada tahap ini siswa sulit diajak berpikir abstrak, oleh karena itu penyampaian materi ajar perlu menggunakan media grafis untuk memvisualkan sesuatu yang dianggap abstrak. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil subjek penelitian guru kelas satu di SDN Tembok Dukuh III Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Wawancara digunakan untuk mengetahui kesan guru terhadap media grafis yang diproduksi dan dimanfaatkannya. Sedangkan tes digunakan untuk mndapatkan data tentang kemajuan belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa media grafis dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran dan sangat optimal

Copyrights © 2007