Berbagai upaya
telah dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, baik
yang bersifat nasional, regional, maupun kelompok. Penelitian in imengkhususkan
kajiannya pada pembelajaran matematika siswa sekolah dasar (SD) kelas rendah
melalui pembelajaran dengan memanfaatkan media grafis.
Penentuan kajian
tersebut didasarkan atas pertimbangan bahwa penggunaan alat bantu atau media
dalam pembelajaran matematika, utamanya pada siswa kelas rendah sangat
diperlukan. Tanpa bantuan media pembelajaran siswa akan mengalami kesulitan
dalam mempelajari materi yang diajarkan. Perkembangan kognitif siswa SD kelas
rendah (kelas 1) berada pada tahap operasi konkret. Pada tahap ini siswa sulit
diajak berpikir abstrak, oleh karena itu penyampaian materi ajar perlu
menggunakan media grafis untuk memvisualkan sesuatu yang dianggap abstrak.
Penelitian ini dilaksanakan
dengan mengambil subjek penelitian guru kelas satu di SDN Tembok Dukuh III
Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,
dan tes. Wawancara digunakan untuk mengetahui kesan guru terhadap media grafis
yang diproduksi dan dimanfaatkannya. Sedangkan tes digunakan untuk mndapatkan
data tentang kemajuan belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa media grafis
dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran dan sangat optimal
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2007