Asas: Jurnal Sastra
Vol 7, No 1 (2018): ASAS : Jurnal Sastra

STANDARISASI PENILAIAN ENAM TUGAS OLEH DOSEN PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI MEEDAN

Frinawaty L Barus (Unknown)
Sanggup Barus (Unknown)
Salmah Naelofaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui standarisasi penilaian enam tugas (tugas rutin, critical book report, critical jurnal review, mini riset, rekayasa ide, dan projek) di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari delapan mata kuliah yang dianilisis yaitu: Pengantar Ilmu Sastra, Pengantar Ilmu Bahasa, Keterampilan Bahasa Produktif, Keterampilan Bahasa reseptif, Fonologi, Literasi Bahasa Indonesia, Genre Sastra di Sekolah, dan Pengajaran Sastra Nusantara (mewakili KDBK ) belum memiliki standarisasi penilaian berdasarkan kebijakan yang dikeluarkan oleh Universitas Negeri Medan. Untuk sistematika pengerjaan tugas dan penilaian dari keenam tugas tidak tercantum dalam RPS (Rencana Pembelajaran Semester). Sedangkan untuk penerapan enam tugas, kompetensi yang diharapkan, dan waktu pengumpulan tugas sudah dimuat dalam RPS. Penilaian yang dimuat dalam RPS seharusnya berpedoman pada kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak universitas dan dapat dikolaborasi berdasarkan kebutuhan setiap mata kuliah.Kata Kunci: Standarisasi Penilaian dan Enam Tugas

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...