Jurnal Pendidikan
Vol 5, No 2 (2014)

OPTIMALISASI HASIL BELAJAR EKONOMI KOPERASI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KOTA PEKANBARU

Caska ' (Unknown)
Henny Indrawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2015

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) pola PBL; 2) hasil belajar Ekonomi Koperasi;dan 3) pengaruh pola PBL terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah medode deskriptif.Populasi adalah Sekolah Menengah Atas di Kota Pekanbaru dengan teknik random samplingproposional. Hasil penelitian: 1) Pola PBL sudah diterapkan dalam Ekonomi Koperasi di Kota Pekanbarudalam katagori cukup; 2) Hasil belajar ekonomi koperasi dalam katagori cukup dan baik; dan 3) PolaPBL berpengaruh positif terhadap hasil belajar Ekonomi dan Koperasi. Elastisitas pola PBL terhadaphasil belajar Ekonomi dan Koperasi sebesar 0,143. Ini berarti bahwa setiap kenaikan pola PBL sebesarsatu persen maka akan menaikan hasil belajar Ekonomi dan Koperasi sebesar 0,143% dengan asumsiceteris paribus.Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Education

Description

JP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, mengeksplorasi, dan mengembangkan penelitian dan/atau pengetahuan tentang berbagai topik dan persoalan pendidikan, agar tersedianya informasi dan wadah ...