Pelangi Ilmu
Vol 3, No 2 (2009)

MELEJITKAN GAIRAH PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DI SEKOLAH DENGAN STRATEGI BERSAFARI

Anas Ahmadi, (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2009

Abstract

Abstrak             Selama ini  pembelajaran sastra di sekolah kurang diminati. Padahal, pembelajaran sastra bisa memberikan kontribusi bagi perkembangan moral  dan psikologi siswa. Kurangnya minat siswa terhadap  pembelajaran sastra tersebut diduga disebabkan oleh tiga faktor, antara lain (1) guru, (2) siswa, dan (3) strategi pembelajaran. Karena itu, hasil pembelajaran sastra di sekolah  kurang  memuaskan.              Bertolak dari fenomena  tersebut, dalam tulisan ini dipaparkan pembelajaran menulis cerpen dengan strategi bersafari.  Strategi bersafari ini  terdiri atas lima unsur, yakni (1) berminat, (2) sangat menguasai, (3) fakta, (4) rabuk panca indra, dan (5) diksi. Strategi ini diupayakan dapat menggiatkan siswa  terhadap sastra.

Copyrights © 2009