Busana dan Desain
Vol 6, No 1 (2012)

USAHA PEDAGANG BENANG EMAS DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR DI KOTAMADYA BANDA ACEH

Rosmala Dewi, (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2012

Abstract

<!-- /* Font Definitions */ @font-face {font-family:"MS Mincho"; panose-1:2 2 6 9 4 2 5 8 3 4; mso-font-alt:"MS 明朝"; mso-font-charset:128; mso-generic-font-family:modern; mso-font-pitch:fixed; mso-font-signature:-1610612033 1757936891 16 0 131231 0;} @font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-1610611985 1107304683 0 0 159 0;} @font-face {font-family:"@MS Mincho"; panose-1:2 2 6 9 4 2 5 8 3 4; mso-font-charset:128; mso-generic-font-family:modern; mso-font-pitch:fixed; mso-font-signature:-1610612033 1757936891 16 0 131231 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman","serif"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} .MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:10.0pt; mso-ansi-font-size:10.0pt; mso-bidi-font-size:10.0pt; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-fareast-font-family:"MS Mincho"; mso-hansi-font-family:Calibri;} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.0in 1.0in 1.0in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} --> Usaha sulaman benang emas merupakan suatu usaha yang banyak terdapat di pusat Kotamadya Banda Aceh  yang sering dikunjungi pembeli dari berbagai macam kalangan karena bisa mengkreasikan pendapatan yang dimiliki dengan usaha yang mengangkat budaya seni Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pengusaha sulaman benang emas dalam menghadapi persaingan pasar, cara menarik minat konsumen dan cara mempertahankan image usaha didalam persaingan pasar. Populasi penelitian ini adalah pengusaha sulaman benang emas di Banda Aceh sebanyak 30 orang, yaitu dengan cara mendeskripsikan upaya/kiat-kiat dalam bersaing. Hasil penelitian ini menun-jukkan dalam mempertahankan usahanya pada pedagang selalu berupaya memperbarui kreasi produknya dan melayani konsumen dengan baik. Cara para pengusaha dalam menarik minat konsumen yaitu dengan cara membuat desain dan kostum yang baik (alam dan geometri). Dalam mempertahankan usahanya mereka menjalin kerjasama dengan pengusaha besar dan bekerja keras dalam meningkatkan pesanan serta menyelesaikan pesanan dalam waktu yang singkat.   Kata kunci: benang emas, persaingan pasar, usaha

Copyrights © 2012