Penelitian ini merupakan salah satu tahapan dari program pengabdian masyarakat yangdilaksanakan oleh kelompok dosen dan mahasiswa jurusan Matematika UNPAR.Program ini berupa pelatihan dan pendampingan bagi komunitas ibu untuk belajarMatematika. Merujuk pada hasil PISA (Programme for International Student Assessment)tahun 2009 bahwa kemampuan siswa Indonesia pada umumnya buruk dalammenyelesaikan masalah Matematika. Kebanyakan siswa berpandangan bahwaMatematika sulit untuk dipelajari dan kurangnya dukungan orang tua untuk membantusiswa belajar. Berdasarkan kondisi tersebut, kami merancang program untuk membantupihak sekolah untuk memberdayakan para Ibu siswa supaya mereka dapat membantuputra-putrinya untuk belajar Matematika. Tujuan tersebut dapat dicapai bila terjalinkerjasama yang harmonis dan berkesinambungan antara tiga pihak yaitu: sekolah-‐orangtua-‐siswa. Bentuk program adalah pendampingan dan pelatihan kepada para ibu sambilmenunggu putra-putri mereka mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Tujuan penelitian iniadalah menyiapkan buku ajar Matematika untuk pelatihan dan pendampingan. Langkahpenelitian yang telah dilaksanakan adalah survei kebutuhan, menyusun kerangka danmembuat draf modul, uji validitas dari pakar, revisi, dan modul final. Hasil penelitianberupa bahan ajar yang terdiri dari 40 topik-topik esensial dalam Kurikulum Matematikasekolah dasar. Struktur bahan ajar untuk setiap topik dimulai dengan konsep, contoh soal,latihan, pembahasan, dan kunci jawaban. Buku ajar tersebut siap digunakan untukprogram tersebut.
Copyrights © 2012