Teori dan Penelitian Pendidikan Dasar
Vol 1, No 2 (2013)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI MODEL PEMBELAJARAN PEMAKNAAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP POSITIF SISWA SD

Uminah, (Unknown)
Muslimin Ibrahim, (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2013

Abstract

Abstrak Abstrak: Penelitian inibertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA berorientasi model pembelajaran pemaknaan. Penelitian ini dikembangkan menggunakan rancangan 4-D yang disederhanakan menjadi (Define-Design–Develop). Perangkat diujicobakan di kelas IV A SDN 001 Sangata Utara  menggunakan rancangan Time Series. Perangkat yang dikembangkan meliputi: RPP, materi ajar, LKS, THB, dan tes sikap. Perangkat  dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai perangkat. Tingkat kesulitan materi ajar dan LKS 13,6% dan 12,2%, tingkat keterbacaan materi ajar dan LKS  82,6% dan 84, 2%. Tingkat keterlaksanaan RPP dalam implementasi 100% (kategori baik), aktivitas yang mendominasi adalah aktivitas yang berpusat pada siswa ( 81,35%), respon siswa menunjukkan respon positif 90,3%. Rata-rata pemahaman konsep siswa 81,08. Jumlah siswa yang memiliki sikap toleransi dan peduli yang positif setelah implementasi 21 siswa.Berdasarkan hasil penelitian dan diskusi, disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran pemaknaan dapat mengajarkan pemahaman konsep dan sikap positif siswa. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Pemaknaan, Pemahaman Konsep, Sikap Positif Abstract Abstract: This research aims to develop a science learning materials oriented visual analogy model This research was developed using 4-D design which simplified into (Define-Design-Develop). The materials learning are implemented in  fourth grade SDN 001 Sangata Utara using Time Series Design. Learning materials  weredeveloped including: lesson plans, teaching materials, worksheets, concepts understanding test, and attitude test. Learning materials are feasible and can be used as the devices. Difficulty level of teaching materials and Worksheet are 13.6% and 12.2%, readability level teaching materials and Worksheet are 82.6% and 84, 2%. Lesson plan feasibility level in the implementation of 100% (good category), activities that dominated is student-centered activities, (81.35%), student responses indicate a positive response of 90.3%. Average studentÂ’s concepts understanding is 81.08. Number of students who have a positive attitude of tolerance and caring after implementation are 21 students. Based on the results of research and discussion, it was concluded that learning materials oriented visual analogy model can be to teach concepts understanding and positive attitudes of students. Keywords: Learning Materials, Visual AnalogyModel, Concepts Understanding, Positve Attitudes  

Copyrights © 2013