JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education)
Vol 2 No 2 (2018): JTIEE

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MODEL INKUIRI DAN KONVENSIONAL SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Laily Dwi Fajriyanti (Unknown)
Nur Fauziyah (Unknown)
Iqnatia Alfiansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar menggunakan model inkuiri dan model konvensional lingkungan tempat tinggalku siswa kelas IV SD Negeri Sidokumpul 1 Gresik tahun pelajaran 2017/2018 . Desain penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan model eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar tes hasil belajar untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model inkuiri dan model konvensional. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti. hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,027 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Selain itu, juga dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model inkuiri sebesar 83,67 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 60, sedangkan penggunaan model konvensional memiliki nilai rata-rata sebesar 77,33, dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 43,33. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar menggunakan model inkuiri dan model konvensional subtema lingkungan tempat tinggalku siswa kelas IV SD Negeri Sidokumpul 1 Gresik

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtiee

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

This journal facilitates teachers and researchers to publish their articles based on research, review, and practice. Topics for the articles published by this journal are teaching media, strategies, models, plans, evaluations and technologies especially in elementary ...