JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education)
Vol 1 No 2 (2017): JTIEE

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KETERAMPILAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Fajar Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kooperatif STAD terhadap keterampilan interpersonal, sehingga memunculkan sebuah hipotesis “ada pengaruh signifikan model pembelajaran Kooperatif STAD terhadap keterampilan interpersonal siswa kelas IV sekolah dasar”. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pola one group pretest-posttest design, sedangkan instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian keterampilan interpersonal. Hasil analisis data menunjukkan hasil perbandingan pretest dan posttest diperoleh nilai t sebesar -1,748 dengan p = 0,043 (p < 0,05; one-tailed). Sehingga dapat disimpulkan jika ada pengaruh signifikan model pembelajaran Kooperatif STAD terhadap keterampilan interpersonal siswa kelas IV sekolah dasar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jtiee

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

This journal facilitates teachers and researchers to publish their articles based on research, review, and practice. Topics for the articles published by this journal are teaching media, strategies, models, plans, evaluations and technologies especially in elementary ...