JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education)
Vol 2 No 2 (2018): JTIEE

PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG UNTUK MELATIH KETERAMPILAN KINESTETIK DAN SOSIAL ANAK

Afakhrul Masub Bakhtiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2019

Abstract

Social life skill merupakan modal dasar seorang manusia berinteraksi dalam kehuidupannya sehari-hari, baik dengan lingkungan mapun dengan masyarakat di sekitarnya. Tidak dapat dipungkiri, pengaruh teknologi membawa anak-anak pada aktivitas individu yang dominan sehingga tingkat interaksi langsung dengan individu lain menjadi minim atau bahkan terbangun sikap-sikap apatis dan tertutup. Permainan Tradisional Egrang Melatih Keterampilan Kinestetik dan Sosial merupakan inovasi sebagai upaya pelestarian nilai-nilai tradisional penciri kebudayaan Indonesia sekaligus meningkatkan kemampuan kinestetik dan sosial anak harus menjadi perhatian utama dalam tumbuh kembangnya. Soetjatiningsih(1998) menyatakan bahwa bermain merupakan unsur yang penting untuk perkembangan anak baik fisik, emosi, mental, intelektual, kreatifitas, dan sosial. Aktivitas bermain penting untuk meningkatkan kemampuan sosial kinestetik ialah permainan egrang. Metode penerapan yang digunakan dalam mengimpelemtasikan permainan tradisional egrang ini ialah metode permainan outdoor. Metode ini menjadi solusi, dimana ruang terbuka atau outdoor memiliki kondisi permukaan bumi berupa tanah, paving, atau aspal yang memiliki karakter tidak licin dan dapat menyesuaikan kontak alas kaki egrang. Gerakan yang dimunculkan melalui langkah-langkah yang ada dalam permainan egrang melatih ketangkasan, kolaborasi, dan keterampilan melakukan gerak. Terkait kemampuan sosial, permainan ini menunjang kebutuhan besosial melalui penerapannya yang berkelompok serta implementasinya di luar ruang memberikan peluang untuk individu yang memainkannya bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang, variasi karakter dan latar belakang. Kata Kunci : Permainan tradisional egrang, keterampilan sosial, keterampilan kinestetik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jtiee

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

This journal facilitates teachers and researchers to publish their articles based on research, review, and practice. Topics for the articles published by this journal are teaching media, strategies, models, plans, evaluations and technologies especially in elementary ...