TEKMAPRO Journal of Industrial Engineering and Management
Vol 13 No 2 (2018): TEKMAPRO

KEBUTUHAN STANDAR KUALITAS PELAYANAN PADA UNIT USAHA PERGUDANGAN PT PERSERO BATAM

Albertus L (Program Studi Teknik Industri, STT Ibnusina, Batam)
Setyabudhi Setyabudhi (Program Studi Teknik Industri, STT Ibnusina, Batam)
Aprilia Melisa (Program Studi Teknik Industri, STT Ibnusina, Batam)
Refdilzon Yasra (Program Studi Teknik Industri, STT Ibnusina, Batam)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2018

Abstract

PT PERSERO BATAM adalah perseroan atau Badan Usaha Milik Negara menurut Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 1973 tentang penyertaan modal negara untuk pendirian perusahaan perseroan, salah satu usahanya adalah Pergudangan Laut Dan Udara, Bongkar Muat, Transportasi /Forwarding, Integrated Logistic. Dalam pelayanannya selama 5 tahun terakhir mengalami penurunan permintaan customer, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk merancang standar kualitas pelayanan untuk meningkatkan permintaan customer pada unit sewa gudang untuk mengetahui indikator - indikator yang mempengaruhi penurunan jumlah customer agar dijadikan panduan penyusunan standar kualitas. Peneliti mengambil sampel sebanyak 20 responden dan merancang standar kualitas pelayanan menggunakan metode servqual, hasil dari penelitian ini adalah ada 10 indikator yang dijadikan dasar penyusunan standar kualitas pelayanan dengan mengutamakan dimensi Responsivenes (daya tanggap) karena suara responden menunjukan daya tanggap paling berpengaruh, ditemukannya gap sebesar -0.9. Penulis menyarankan agar perusahaan lebih mengedepankan pelayanan yang maksimal terhadap customer guna meningkatkan permintaan sewa gudang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tekmapro

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal of Industrial Engineering and Management, National University of Veterans Development, East Java is a journal that effectively bridges the gap between academics, policy makers, and practitioners and connects various Industrial Engineering and Management communities. While the focus of the ...