Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implemantasi pembelajaran berbasis sistem kredit semester di SMA Negeri 2 Balikpapan. Jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif (Miles dan Huberman). Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) SMA negeri 2 Balikpapan menerapkan 7 prinsip penyelenggaran Sistem Kredit Semester, 2) Mekanisme penyelenggaraan Sistem Kredit Semester terdapat 3 tahapan yakni tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan dan terhapan evaluasi serta monitoring. 3) SMA Negeri 2 Balikpapan telah melaksanakan persiapan pelaksanaan SKS secara baik dan matang, dan pada dasarnya pengimplementasian SKS sudah terlaksana dengan baik, namun belum terlaksana secara maksimal disebabkan terdapat berbagai kendala pengimplementasian dalam proses pembelajaran, 4) Upaya atau solusi yang dapat di ambil sekolah untuk mengatasi kendala yang terjadi dengan memberikan pelatihan mengenai IT pada guru yang kurang dan In house traning mengenai penerapan Sistem Kredit Semester.
Copyrights © 2019