Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 4, No 4 (2015)

PENERAPAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DILENGKAPI LINGKARAN BUFFER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA 4 SMAN 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Kusumawardani, Ariani (Universitas Sebelas Maret)
Utami, Budi (Universitas Sebelas Maret)
Sukardjo, Jacobus Salesius (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: 1) penerapan Numbered Head Together (NHT) disertai lingkaran buffer dapat meningkatkan motivasi belajar pada materi pokok larutan penyangga, 2) penerapan Numbered Head Together (NHT) disertai lingkaran buffer dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi pokok larutan penyangga. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengimplementasikan dua siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2012/ 2013. Data penelitian yang diambil berupa prestasi belajar kognitif, afektif, motivasi dan psikomotor. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan diperoleh: 1) penerapan Numbered Head Together (NHT) disertai lingkaran buffer dapat meningkatkan motivasi belajar pada materi pokok larutan penyangga. Pada siklus I presentase motivasi sebesar 76,91 % yang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 78,95%. 2) penerapan Numbered Head Together (NHT) disertai lingkaran buffer dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi pokok larutan penyangga. Presentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 28,57% pada siklus I menjadi 62,86 % pada siklus II. Untuk hasil belajar afektif menunjukkan peningkatan ketercapaian rata-rata indikator dari 75,43 % pada siklus I menjadi 76,31 % pada siklus II dan dari segi psikomotor, ketercapaian rata-rata indikator adalah 69,24%.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...