Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 3, No 3 (2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DILENGKAPI MEDIA HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA PADA POKOK BAHASAN MINYAK BUMI KELAS X.7 SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Solikah, Siti (Universitas Sebelas Maret)
Dwi Ariani, Sri Retno (Universitas Sebelas Maret)
Sukardjo, JS (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menerapakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang dilengkapi dengan media handout pada pokok bahasan minyak bumi di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tahapan tiap-tiap siklus adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.7 sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, kajian dokumen, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini untuk aspek kognitif pada siklus I presentase capaian sebesar 25,00% dan untuk siklus II menjadi 87,50% (meningkat 62,50%). Sementara untuk aspek afektif pada siklus I sebesar 18,75% sedangkan pada siklus II 81,75% (meningkat 63,00%) sedangkan siklus I presentase capain minat sebesar 28,12% dan pada siklus II 71,88 (meningkat 43,76%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model CIRC dalam pembelajaran kimia pokok bahasan minyak bumi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada kelas X.7 SMA Negeri 1 Sukoharjo.Kata Kunci: model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), handout, minat belajar siswa, hasil belajar

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...