Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 3, No 4 (2014)

PERBEDAAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI STOIKIOMETRI KELAS X MIA SMA NEGERI DI KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Devi, Amalina (Universitas Sebelas Maret)
Mulyani, Sri (Universitas Sebelas Maret)
Haryono, Haryono (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan implementasi pembelajaran kimia model PBL materi stoikiometri kelas X MIA SMAN di kota Surakarta dan faktor-faktor yang menjadi penyebab perbedaannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 6 SMAN 1 dan X MIA 5 SMAN5. Sumber data berasal dari guru, siswa, dokumen, observasi, dan angket. Analisis data menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan implementasi di kedua sekolah. Materi di SMAN1 melibatkan fraksi mol, sedangkan SMAN5 tidak. Keterlibatan guru SMAN1 dalam model PBL fase 2 dan 4 sangat baik, sedangkan fase 1, 3, dan 5 baik. Keterlibatan guru SMAN 5 dalam model PBL fase 4 dan 5 sangat baik, sedangkan fase 1, 2, dan 3 baik. Keterlibatan siswa SMAN1 fase 2 dan 5 sangat baik, sedangkan fase 1, 2 dan 4 baik. Keterlibatan siswa SMAN5 fase 1, 2, dan 5 sangat baik, sedangkan fase 3 dan 4 baik. Media yang digunakan LKS, modul dan buku, guru SMAN1 menambah menggunakan ppt. Evaluasi hasil belajar SMAN1 aspek pengetahuan 82,35%, sikap 84,71% dan keterampilan 65,78%. Sedangkan SMAN5 aspek pengetahuan 65,62%, sikap 84,65% dan keterampilan 70,73%. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah faktor guru: kompetensi dan pendekatan; faktor siswa: perhatian, motivasi, retensi dan transfer; faktor kelas: aksesibilitas, mobilitas, interaksi dan variasi kerja; faktor media; dan faktor waktu.Kata kunci: implementasi, perbedaan, model PBL, materi stoikiometri, faktor

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...