Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 2, No 2 (2013)

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Rahman, Ai Sriwenda (Sebelas Maret University)
Mulyani, Bakti (Sebelas Maret University)
Yamtinah, Sri (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran model Problem Posing serta mendeskripsikan proses pembelajaran Problem Posing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa XI IPA-5 SMA N 1 Boyolali yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan non tes (observasi, kajian dokumen, dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pembelajaran model Problem Posing dapat meningkatkan kreativitas siswa yaitu 43,75% pada siklus I meningkat menjadi 53,10% pada siklus II. Pembelajaran model Problem Posing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 69% pada siklus I meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Aspek psikomotorik siswa telah mencapai 97% pada siklus I. Aspek afektif siklus I persentase siswa kriteria tinggi dan sangat tinggi telah mencapai 100% pada siklus I. Proses pembelajaran Problem Posing dalam penelitian ini yaitu guru memberikan gambaran situasi dan siswa secara berkelompok mengajukan soal sekaligus mencari penyelesaiaan dan mempersentasikan hasil untuk didiskusikan bersama dalam kelas.Kata kunci : problem posing, penelitian tindakan kelas, kreativitas dan prestasi belajar

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...