Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh metode pembelajaran STAD  menggunakan media virtual dan riil terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa, (3) interaksi pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan virtual dan riil dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2 SMA Negeri 7 Surakarta tahun pelajaran 2013/ 2014 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Anava Dua Jalan dengan faktor 2x2. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) prestasi belajar aspek kognitif siswa pada metode pembelajaran STAD menggunakan media virtual lebih baik dari pada media riil, hal ini ditunjukkan dari rerata masing?masing 85,15 dan 78,06. Sedangkan pada aspek afektif tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar siswa, (2) tidak terdapat pengaruh sikap ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa, (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran STAD menggunakan media virtual dan riil dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa dengan ditunjukkan nilai masing-masing uji anava Fhitung < Ftabel yaitu 0,09 < 4,00 dan Fhitung < Ftabel yaitu 1,23 < 4,00Kata Kunci : Media Riil, Media Virtual, Sikap Ilmiah, Prestasi Belajar, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014