Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 4, No 2 (2015)

PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DISERTAI MEDIA KARTU PINTAR DAN LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TERMOKIMIA KELAS XI SMA N 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Handono Warih, Anom Jadmiko (Universitas Sebelas Maret)
Masykuri, Mohammad (Universitas Sebelas Maret)
Catur Saputro, Agung Nugroho (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) penggunaan model NHT disertai media kartu pintar lebih baik daripada model pembelajaran ceramah disertai tanya jawab terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok termokimia kelas XI SMA N 1 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014, (2) penggunaan model NHT disertai media LKS lebih baik daripada model pembelajaran ceramah disertai tanya jawab  terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok termokimia kelas XI SMA N 1 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014, (3) penggunaan model NHT disertai kartu pintar lebih baik daripada model NHT disertai LKS terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok termokimia kelas XI SMA N 1 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan perluasan Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014 dan diperoleh sampel sebanyak 3 kelas yaitu XI IPA-1, XI IPA-2, XI IPA-5. Data dari penelitian ini diperoleh dari aspek kognitif berupa tes pilihan ganda dan aspek afektif berupa angket. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t-pihak kanan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan model NHT disertai media kartu pintar lebih baik daripada model pembelajaran ceramah disertai tanya jawab untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok termokimia, (2) penggunaan model NHT disertai media LKS lebih baik daripada model pembelajaran ceramah disertai tanya jawab untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok termokimia, (3) penggunaan model NHT disertai kartu pintar lebih baik daripada model NHT disertai LKS untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok termokimia.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...