Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 2, No 2 (2013)

STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI MACROMEDIA FLASH PLAYER DAN MOLYMOD PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK IKATAN KOVALEN DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA KELAS X SMAN 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Sari, Amalia Permata (Universitas Sebelas Maret)
Ashadi, Ashadi (Universitas Sebelas Maret)
Catur Saputro, Agung Nugroho (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 May 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran STAD dengan menggunakan media animasi Macromedia Flash Player dan molymod terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Ikatan Kovalen; 2) Pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar pada materi pokok Ikatan Kovalen; 3) Interaksi antara model STAD dengan menggunakan media animasi Macromedia Flash Player dan molymod dengan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa dalam mempelajari materi pokok Ikatan Kovalen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian desain faktorial 2x2. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X6 dan X7 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes objektif untuk prestasi belajar kognitif dan metode angket untuk prestasi belajar afektif dan kreativitas. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan dengan sel sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran STAD dengan menggunakan media animasi Macromedia Flash Player dan molymod terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Ikatan Kovalen yaitu prestasi kognitif dan afektif siswa pada pembelajaran STAD dengan media animasi Macromedia Flash Player lebih baik daripada molymod; (2) Terdapat pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar pada materi pokok Ikatan Kovalen yaitu prestasi siswa yang mempunyai kreativitas tinggi lebih baik daripada prestasi siswa yang mempunyai kreativitas; (3) Tidak terdapat interaksi antara model STAD dengan menggunakan media animasi Macromedia Flash Player dan molymod dengan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa dalam mempelajari materi pokok Ikatan Kovalen.Kata kunci: STAD, Macromedia Flash Player, Molymod, Ikatan Kovalen, Kreativitas

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...