Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 3, No 3 (2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN INKUIRI TERBIMBING DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA N 2 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Assriyanto, Kiki Efi (Universitas Sebelas Maret)
Sukardjo, J. S. (Universitas Sebelas Maret)
Saputro, Sulistyo (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan metode eksperimen dan inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar siswa. (2) pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar siswa. (3) interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah menggunakan metode eksperimen dan inkuiri terbimbing dengan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 22. Sampel dalam penelitian adalah siswa SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2013/2014 yang diambil secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes verbal untuk kreativitas, metode tes objektif untuk prestasi belajar kognitif, metode angket untuk prestasi belajar afektif, dan observasi untuk prestasi belajar psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan metode inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada metode eksperimen dalam hal peningkatan prestasi belajar kognitif dan afektif siswa.Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Inkuiri Terbimbing, Eksperimen, Kreativitas, Larutan Penyangga

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...