Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode eksperimen dan demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi koloid; (2)pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada materi koloid; (3) interaksi antara pembelajaran kooperatif tipe NHTÂ menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dengan populasi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 2 kelas. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes (kognitif), angket (afekif), dan observasi (psikomotor). Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode eksperimen dan demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa aspek kognitif, afektif, dan psikomotor pada materi koloid; (2) terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa aspek kognitif, afektif, dan psikomotor pada materi koloid.; (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa aspek kognitif dan psikomotor pada materi koloid, tetapi pada aspek afektif terdapat interaksi.Kata Kunci: Numbered Heads Together, Eksperimen, Demonstrasi, Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar
Copyrights © 2013