Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 2, No 4 (2013)

STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN MEDIA MIND MAP DAN CROSSWORD PUZZLE PADA METODE PROYEK DITINJAU DARI KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID KELAS XI SEMESTER GENAP SMA N 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Nirmalasari, Dewi (Universitas Sebelas Maret)
Mulyani, Bakti (Universitas Sebelas Maret)
Utami, Budi (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa pada penggunaan metode proyek dengan media Mind Map dan Crossword Puzzle, kreativitas tinggi dan rendah, serta interaksinya terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Sistem Koloid. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian desain faktorial 2x2. Pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI-IPA1 dan XI-IPA2. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Metode tes untuk prestasi belajar kognitif dan kreativitas, sedangkan metode angket untuk prestasi belajar afektif. Analisis data menggunakan Analisis Variansi dua jalan dengan sel sama. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan prestasi belajar kognitif siswa dengan media Mind Map dan Crossword Puzzle, tidak ada perbedaan prestasi belajar afektif siswa  dengan media Mind Map dan Crossword Puzzle, terdapat perbedaan prestasi belajar kognitif siswa dengan kreativitas tinggi dan rendah serta tidak adanya perbedaan prestasi belajar afektif siswa dengan kreativitas tinggi dan rendah, tidak ada interaksi antara media Mind Map dan Crossword Puzzle dengan kreativitas terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa.Kata Kunci: Mind Map, Crossword Puzzle, kreativitas, prestasi belajar, Sistem Koloid

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...