Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 1, No 1 (2012)

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA KELAS VII

Adiyastuti, Nunuk Nurcahyani (Universitas Sebelas Maret)
Mulyani, Bakti (Universitas Sebelas Maret)
Mahardiani, Lina (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2012

Abstract

Perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis Science Environment Technology and Society (SETS) berbantuan macromedia flash terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Perubahan Fisika dan Kimia siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 14 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Sampel terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes objektif untuk prestasi belajar kognititf dan metode angket untuk prestasi belajar afektif. Teknik analisis data menggunakan uji t-pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis Science Environment Technology and Society (SETS) berbantuan macromedia flash efektif diterapkan pada materi pokok Perubahan Fisika dan Kimia kelas VII semester genap SMP Negeri 14 Surakarta, dapat dilihat dari harga thitung lebih besar daripada ttabel yaitu sebesar 3,63 > 1,67 untuk prestasi aspek kognitif dan 2,91 > 1,67 untuk prestasi belajar aspek afektif. Selain itu berdasarkan hasil selisih prestasi belajar kognitif kelas eksperimen (21,611) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (16,361) dan begitu juga dengan prestasi belajar afektif kelas eksperimen (94,556) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (88,111). Kata kunci : Student Teams Achievement Division (STAD), Science Environment Technology and Society (SETS), macromedia flash, perubahan fisika dan kimia

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...