Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 5, No 1 (2016)

PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DILENGKAPI DENGAN KOMPENDIUM AL-QUR’AN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (POKOK BAHASAN KONSEP MOL KELAS X MATEMATIKA DAN ILMU ALAM (MIA) MAN 2 MADIUN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015)

Arfiyah, Afifatul (Universitas Sebelas Maret)
Mulyani, Sri (Universitas Sebelas Maret)
Saputro, Sulistyo (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kompendium Al-Qur?an pada pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar siswa, (2) pengaruh kompendium Al-Qur?an pada pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment research). Penelitian ini menggunakan desain penelitian Randomized Posttest Only Control Group Design dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas X MIA 3 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (angket, observasi dan dokumentasi). Uji hipotesis menggunakan uji Manova dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh signifikan penggunaan kompendium Al-Qur?an pada pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar siswa, (2) ada pengaruh signifikan kompendium Al-Qur?an pada pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar siswa aspek sikap dan pengetahuan, akan tetapi tidak ada pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa aspek keterampilan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...