Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 2, No 4 (2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DISERTAI BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PADA MATERI MINYAK BUMI KELAS X SMA NEGERI GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Jannah, Rikhinati (Universitas Sebelas Maret)
Saputro, Agung Nugroho Catur (Universitas Sebelas Maret)
Yamtinah, Sri (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi minyak bumi dengan menerapkan model pembelajaran TPS dilengkapi buku saku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri Gondangrejo tahun pelajaran 2012/2013. Data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran TPS dilengkapi buku saku dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas X-6 SMA Negeri Gondangrejo pada materi minyak bumi. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II. Persentase siswa yang aktif pada siklus I 56,5% dan 70,3% pada siklus II. (2) Penerapan model pembelajaran TPS dilengkapi buku saku dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi minyak bumi. Dalam penelitian ini, prestasi belajar yang dimaksud adalah ketuntasan belajar dan prestasi afektif siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 70,8% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa meningkat 87,5%. Pada aspek afektif, siswa yang mempunyai kategori tinggi sebesar 62,5% pada siklus I dan 83,3% pada siklus II. Kata Kunci: Think Pair Share, Buku Saku, Minyak Bumi, Aktivitas, Prestasi Belajar

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...