Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 4, No 4 (2015)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING DILENGKAPI MEDIA KARTU PINTAR PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X MIA 3 SEMESTER II SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sariwati, Lathifah Nur'aini (Universitas Sebelas Maret)
Utami, Budi (Universitas Sebelas Maret)
Masykuri, Mohammad (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa dengan model problem solving dilengkapi media kartu pintar pada materi hukum dasar kimia kelas X-MIA 3 SMA Al Islam 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap persiapan, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes yang berupa tes kemampuan berpikir kritis dan tes aspek pengetahuan, sedangkan teknik non tes berupa observasi, angket sikap dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I persentase siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi adalah 62% meningkat menjadi 79% pada siklus II. Dalam penelitian ini prestasi belajar mencangkup 3 aspek yaitu aspek pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Prestasi belajar siswa aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 59% meningkat menjadi 76% pada siklus II. Sedangkan prestasi belajar siswa aspek sikap pada siklus I sebesar 76% meningkat menjadi 100% pada siklus II, sedangkan prestasi belajar siswa aspek ketrampilan telah tuntas 100% pada siklus I. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dilengkapi media kartu pintar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...