Jurnal Pendidikan Kimia
Vol 5, No 1 (2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DISERTAI LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Kurnianto, Hadi (Universitas Sebelas Maret)
Masykuri, Mohammad (Universitas Sebelas Maret)
Yamtinah, Sri (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model discovery learning terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam; (2) pengaruh LKS terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam; (3) pengaruh model discovery learning disertai LKS terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 3×1. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5 dan XI IPA 6. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2, kelas XI MIA 3 dan XI MIA 4 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan melalui dokumentasi,  tes, angket, observasi. Analisis data prestasi pengetahuan menggunakan analisis variansi satu jalan dengan sel tak sama, sedangkan analisis data prestasi sikap dan ketrampilan menggunakan uji statistik non parametrik Kruskal-Wallis. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) model discovery learning berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan dan ketrampilan pada materi hidrolisis garam; (2) LKS tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan, sikap, dan ketrampilan pada materi hidrolisis garam; (3) model discovery learning disertai LKS berpengaruh terhadap prestasi siswa pada aspek pengetahuan dan ketrampilan pada materi hidrolisis garam.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) ISSN 2337-9995 merupakan jurnal resmi yang dikelola dan diterbitkan secara online oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini terbit 4 kali dalam setahun, berisi artikel-artikel ilmiah dari ...