Interaksi Online
Vol 2, No 3: Agustus 2014

Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pendengar Radio TRAX FM Semarang

Noni Meisavitri (Unknown)
Tandiyo Pradekso (Unknown)
Djoko Setyabudi (Unknown)
Hedi Pudjo Santosa (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2014

Abstract

Dewasa ini pertumbuhan industri media massa semakin menunjukkankompetensinya yang ketat. Terlebih lagi dengan kehadiran media online atauinternet di Indonesia, hal in menjadikan media massa cetak dan elektronikberusaha menyajikan terobosan yang terbaik. Salah satunya adalah media massaeletronik berupa radio siaran yang makin berkembang menjadi sebuah radiojaringan. TRAX FM Semarang sebagai sebuah radio jaringan TRAX harus bisamengikuti perkembangan jaman dengan memberikan pelayanan yang berkualitasdi dalam sebuah program. Karena pelayanan yang berkualitas akan menimbulkansatu kepuasan dalam diri konsumen dalam hal ini pendengar. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui hubungan faktor kualitas pelayanan radio siarandengan kepuasan pendengar radio TRAX FM Semarang. Teori yang digunakanadalah SERVQUAL (service quality) yaitu reliabilitas, responsiveness, assurance,empathy dan tangible dari Parasuraman (dalam Tjiptono dan Chandra, 2005 :145), konsep kepuasan menurut Kotler (1997 : 36) dan Stauss dan Neuhaus(dalam Sumarwan (2011 : 146) dan teori diskonfirmasi menurut Sumarwan (2011: 143). Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory(penjeasan). Sedangkan teknik pengambilan samplenya adalah judgementalsampling (pengambilan contoh penilaian) salah satu bentuk dari conveniencesampling (Sumarwan, 2011 : 94) dengan total sampel sebanyak 100 responden.Alat yang digunakan untuk analisi data adalah uji statistic Kendall’s tau_b.Hasil penelitian pada pengujian hipotesis pertama menunjukkan terdapathubungan yang signifikan antara reliabilitas dalam pelayanan dengan kepuasanpendengar ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,521. Hipotesis keduamenunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara responsiveness dalampelayanan dengan kepuasan pendengar ditunjukkan dengan koefisien korelasi0,510. Hipotesis ketiga menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antaraassurance dalam pelayanan dengan kepuasan pendengar ditunjukkan dengankoefisien korelasi 0,613. Hipotesis keempat menunjukkan terdapat hubungan yangsignifikan antara empathy dalam pelayanan dengan kepuasan pendengarditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,613. Hipotesis kelima menunjukkanterdapat hubungan yang signifikan antara tangible dalam pelayanan dengankepuasan pendengar ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,620.Kata Kunci : Radio, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pendengar

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

interaksi-online

Publisher

Subject

Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Interaksi Online adalah jurnal yang memuat karya ilmiah mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP Undip. Interaksi Online menerima artikel-artikel yang berfokus pada topik yang ada dalam ranah kajian Ilmu Komunikasi dan Ilmu ...